WFH 30 – Menulis

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Menulis
Harga : Gratis
Waktu : ~20 jam (30 hari)

Awalnya dari tulisan WFH 0 cuma pengen nulis seminggu sekali, tapi ternyata cukup menyenangkan menuangkan pikiran dan kegaitan dalam tulisan. Menjadi sebuah rutinitas menjalani hari, jadi bisa mengurangi waktu membuka medsos. Meski begitu, masih ada ruang untuk lebih mengurangi membuka medsos.

Dari semua tulisan sepanjang 30 hari, yang paling sering dibaca adalah Gartic.io, Data Visualization (Kaggle), resensi buku Sapiens, dan Machine Learning for Business Professionals (Coursera). Dua tulisan saya share ke grup untuk dibaca rekan-rekan yang berkaitan dan dua tulisan tentang course online.

Aku paling menikmati menulis tentang buku Sapiens, buku Feynman, audiobook Winnie the Pooh, dan ketika mengamati orang-orang di jalan. Mungkin karena aku perlu mengolah hal yang aku terima dan menceritakan mengapa hal itu menarik buatku, jadi aku menggali lebih dalam.

Total jumlah pengunjung 30 tulisan ini (WFH 0 sampai WFH 29) adalah ~600 atau rata-rata 20 kunjungan per tulisan. Angka yang memuaskan karena masih ada yang mau baca. Ada 2 orang yang menghubungiku secara langsung karena mereka terpengaruh oleh tulisanku.

Entah bagian mana yang menginspirasi
Ada yang terjebak juga demi tas gratis

Cukup lama juga waktu yang dibutuhkan untuk menulis. Satu tulisan singkat butuh 30 menit. Kalau tulisan panjang seperti review buku, bisa 2-3 jam karena perlu memilih juga apa yang mau ditulis.

PSBB masih berlangsung dan sepertinya akan menghabiskan lebaran di perantauan, mungkin ada baiknya aku melanjutkan tulisan-tulisan ini.

Terima kasih kepada semua orang yang sudi mampir ke blog saya dan membaca rancauan saya.

Selamat menulis dan selamat membaca!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *