Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu Tektok

Penambahan elevasi : 1358 meter
Tempat berkemah : Post 1, post 2, post 3, post 4, post 5, warung-warung
Anggota : 2 orang

Saya dan teman saya, sebut saja Kris, berencana untuk tektok Gunung Lawu. Setelah mempertimbangkan faktor cuaca dan lain-lain, kami memilih jalur Cemoro Sewu untuk naik dan turun. Kami sampai di basecamp Cemoro Sewu jam 22.30. Setelah mendaftar untuk naik, kami beristirahat di salah satu warung sampai jam 5 pagi. Meskipun kami hanya di basecamp dan di dalam ruangan, kami masih kesulitan untuk tidur karena kedinginan.

Tips : Kalau ingin tektok dan tidur di basecamp, tetap bawa sleeping bag.

Kami memulai pendakian sekitar 5.20 dan sampai di puncak sekitar jam 9.20. Kami sempat beristirahat di Warung Mbok Yem selama 90 menit. Kami beruntung masih mendapatkan pecel telur. Beberapa pendaki setelah kami tidak mendapatkan telur, lauknya diganti tempe. Beberapa pendaki setelahnya bahkan tidak bisa pesan makanan karena lauknya tidak ada.

Kami beruntung cuaca cerah dari berangkat sampai turun kembali. Dari beberapa kali lewat Cemoro Sewu, ini merupakan cuaca yang paling cerah. Akhirnya saya bisa melihat pemandangan ke arah kaki Gunung Lawu. Banyak pendaki yang berhenti untuk swafoto atau sekadar menikmati pemandangan.

Pendakian sendiri cukup ramai dan beberapa tempat kemah agak penuh, tapi tempat kemah cukup luas. Jangan takut kehabisan tempat. Kalau kepepet bisa menginap di warung. Jalan kaki 6 jam hanya untuk foto-foto 10 menit. Dan tentu saja untuk makan pecel.

Peralatan yang kami bawa untuk tektok Gunung Lawu :

• Trekking pole : sangat membantu untuk naik dan turun
  • Jas hujan : antisipasi hujan
  • Emergency kit : wajib dibawa
  • Air minum : secukupnya untuk naik, nanti beli di warung ketika akan turun
  • Uang : untuk beli minum dan makan di warung

• Post 3 – Post 2 = 25 menit
  • Post 2 – Post 1 = 39 menit
  • Post 1 – Basecamp = 30 menit

Bisa dilihat dari data di atas, perbedaan tidak terlalu mencolok ketika dari Post 1 – Basecamp. Hal ini disebabkan trek yang cukup panjang dan perubahan elevasi yang tidak terlalu besar. Jalur yang dilalui cukup landai dan tenaga masih full di awal perjalanan. Untuk partisi lain, trek cenderung curam sehingga ketika naik waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama dibandingkan ketika turun.

One Reply to “Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu Tektok”