Donor darah #22

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kembali donor darah di hari Minggu, PMI Kramat penuh dengan pendonor dan keluarga pasien. Masih dilakukan pembatasan orang yang bisa masuk ke gedung, sehingga beberapa duduk di tenda sebelah gedung atau berdiri di depan pintu masuk. Jarak masing-masing orang juga sekitar 1 meter, meski kalau datang berkelompok juga jadinya tetap berdiri/duduk berkelompok. Setiap orang menggunakan masker, daerah wajib masker.

Sampai di PMI dan melihat antrean cukup panjang, sempat membuat ingin menunda donor darah. Sudah jauh-jauh datang, akhirnya mengantre, cek suhu, mengambil formulir, mengisi formulir, dan kembali mengantre menunggu panggilan.

Sekitar 30 menit menunggu di halaman PMI, namaku dipanggil petugas untuk masuk ke ruang tunggu dan mengantre tes HB dan cek tekanan darah. Cukup waktu 5 menit tes HB namun butuh sekitar 30 menit lagi untuk antre cek tekanan darah.

Dokter yang melakukan pengecekan tekanan darah memberikan informasi bahwa untuk saat ini donasi bisa dilakukan lebih sering. Sebelumnya donor darah disarankan untuk dilakukan minimal 75 hari sekali, saat ini sudah boleh setiap 61 hari. Kebutuhan darah sepertinya masih cukup tinggi.

Setelah lolos screening, aku diberi masker untuk digunakan dan diminta mencuci tangan, lalu antre lagi. Daerah yang biasanya digunakan untuk donor darah apheresis digunakan untuk donor darah merah, sehingga jumlah tempat tidur untuk donor bertambah. Di antara 2 pendonor, tempat tidur disemprot oleh petugas. Sudah ada SOP dan memang protokol kesehatan dipatuhi di sini. Antre sejenak di dalam ruangan, dapat giliran donor, donor darah 15 menit, mengambil kartu donor, lalu mengambil refreshment donor.

15 menit berbaring dengan sedikit rasa digigit semut (yang agak besar) dan kita bisa membantu orang yang membutuhkan darah

Datang hari Minggu jam 13.30, butuh waktu antre 90 menit dan waktu donor 15 menit, sehingga totalnya 105 menit. Kalau ingin lebih cepat bisa mencari waktu lain.

Kebutuhan donor saat ini jauh lebih besar dibandingkan jumlah donor dari pendonor. Info lebih lengkap bisa didapatkan di page KSDD. KSDD atau Komunitas Sahabat Donor Darah adalah salah satu komunitas yang menghubungkan pasien yang membutuhkan darah dengan pendonor. Bisa langsung menghubungi admin bila ingin donor darah yang langsung ke pasien.

Selamat donor!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *