WFH 33- Intro to ML: Image Processing

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Course online
Platform : Qwiklabs
Topik : Intro to ML: Image Processing
Tautan : https://www.qwiklabs.com/quests/85
Harga : Gratis
Waktu : 5h5m (atau 2h5m) (atau 30m)
Progres : 3/12 (target 12 dari total 22)
Pendahuluan : https://gugelberg.com/wfh-24-juaragcp/

Aku mengambil course ini karena ada 1 course yang sama dengan course di quest Intro to ML Language Processing dan 1 course di Google Developer Essentials. Lumayan menghemat 3 jam, jadi cukup butuh 2h5m saja. Memang untuk menyelesaikan GCP ini dengan cepat butuh taktik yang jitu, harus memilih quest dan course dengan tepat. Course di Google Developer Essentials yang beririsan dengan course ini merupakan lab optional, jadi kalau salah memilih ya tidak mendapatkan percepatan.

Dua course juga tanpa score, sehingga bisa dibiarkan saja dan nanti juga dianggap lulus. Tapi coursenya sendiri cukup menyenangkan untuk diselesaikan. Jadi kalau mau benar-benar ngebut, di quest ini bisa cuma 30 menit dengan syarat 2 video yang lain sudah diselesaikan di quest berikutnya.

Lab yang ada di quest ini:

  • AI Platform: Qwik Start
  • APIs Explorer: Qwik Start
  • Classify Images of Clouds in the Cloud with AutoML Vision
  • Detect Labels, Faces, and Landmarks in Images with the Cloud Vision API
  • Extract, Analyze, and Translate Text from Images with the Cloud ML APIs

Tools dan API yang digunakan di quest ini adalah:

  • Cloud Vision API
  • Cloud AutoML API
  • AutoML UI
  • Vision API
  • Translation API
  • Nature Language API

Seperti course pengantar pada umumnya, masih basic. Hanya ada 1 video yang perlu ditonton, namun course ini sudah cukup jelas untuk menjadi pengantar tentang bagaimana ML bekerja dalam sistem dan bagaimana penggunaannya. Seru, terutama kalau upload gambar sendiri atau gambar yang tidak seharusnya dikelompokkan.

Classify Images of Clouds in the Cloud with AutoML Vision

Foto anjing ini dimasukkan ke kategori awan cirrus

Detect Labels, Faces, and Landmarks in Images with the Cloud Vision API

Ini mungkin lab paling menyenangkan di quest kali ini. Bisa mencoba beberapa gambar untuk dites dengan label detection (mencari apa yang ada di gambar), web detection (mencari gambar yang mirip di internet), face detection (mencari gambar muka), dan landmark detection (mendeteksi tempat). Aku mencoba beberapa gambar landmark yang aku ambil sendiri. Ada 4 foto yang aku ambil dan 3 hasilnya null dan 1 hasilnya agak jauh. Foto diambil di daerah Jakarta, Indonesia namun dikiranya di Melbourne, Australia. Tingkat kepercayaan cuma 0.4 sih, jadi bisa dimaafkan. Aku menggunakan Reqbin untuk membantu mempermudah mengganti-ganti API.

Extract, Analyze, and Translate Text from Images with the Cloud ML APIs

Di course ini kita diajari untuk menggunakan ML untuk mencari kata di foto, menerjemahkan kata tersebut, lalu menggunakan Natural Language untuk pengolahan kata lebih dalam. Aku mencoba dengan fotoku sendiri dan berhasil. Bahkan ML untuk mencari text bisa menemukan tulisan “WESTIN” juga.

Selamat bermain!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *