WFH 32 – Hening Serentak

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Meditasi
Platform : IG Story
Pemandu : Adjie Santosoputro
Tautan : https://www.instagram.com/adjiesantosoputro/
Harga : Gratis
Waktu : ~1 jam

Sudah sejak lama aku ingin mencoba meditasi. Mendengar meditasi yang kepikiran selalu duduk diam dengan damai, terbayang juga suasana di kuil. Kebanyakan baca komik atau nonton film-film lawas. Tidak tahu harus mulai dari mana, jadi aku tidak pernah melakukan meditasi sebelumnya.

Asal mula tahu Mas Adjie ini karena sering ada yang share tentang postnya di IG. Lalu sekitar sebulan yang lalu Mas Adjie mengadakan sebuah acara ngobrol-ngobrol di IG Live. Mumpung lagi senggang dan merasa bosan tanpa kegiatan di kamar semasa WFH, akhirnya aku memutuskan untuk bergabung. Tanpa ekspektasi, join-join aja.

Sebelum masuk ke menu meditasi, Mas Adjie biasanya ngobrol dulu dengan pengunjung IG Live-nya. Sesi ngobrol-ngobrol ini kemudian dikenal dengan nama Wawiwu. Di sesi ini biasanya ada pertanyaan-pertanyaan yang dibahas. Dari pertanyaan tentang WFH, lockdown, ketenangan pikiran, kaos yang dikenakan Mas Adjie maupun tatanan rambut Mas Adjie. Sesi ini dimulai sekitar jam 20.30 dan berakhir jam 21.00.

Sesi Hening Serentak dimulai sekitar jam 21.00 dan . Sesi hening serentak ini mengalami beberapa kali tranformasi format.

  • Awalnya meditasi hening dan IG Live menampilkan wajah Mas Adjie yang sedang bermeditasi. Hening namun masih terang.
  • Tranformasi berikutnya adalah saat meditasi dimulai Mas Adjie menutup kameranya dengan sarung bantal sehingga IG Live cuma tampak layar hitam saja. Hening dan gelap.
  • Banyak pengunjung baru bergabung yang bingung dengan layar hitam dan keheningan, sehingga mulailah muncul pin comment “Hening Serentak, layar digelapkan…”. Hening, gelap, dengan keterangan.
  • Mulai ada alunan alat musik yang mengiringi Hening Serentak. Musiknya tentu saja yang pelan dan menenangkan. Suara menenangkan, gelap, dengan keterangan.
  • Format terakhir yang muncul adalah Mas Adjie memandu dalam proses meditasi. Ada alunan musik plus suara Mas Adjie, sepanjang 30 menit, dengan IG Live tetap gelap.

Dari semua format di atas, yang menjadi favorit adalah yang terakhir. Dengan panduan, bagi pemula fokus untuk meditasi lebih mudah dilakukan. Namun ada juga yang lebih nyaman Hening Serentak tanpa suara, atau bahkan tanpa alat musik. Hening Serentak, meditasi di waktu yang sama dan ruang yang berbeda.

Meditasi itu sendiri, dari yang saya dapatkan dan saya ingat, cukup mudah sebenarnya. Boleh duduk atau berbaring, tapi kalau berbaring nanti ketiduran. Boleh duduk di kursi atau duduk di lantai. Matikan lampu kalau mau. Setelah itu, tutup mata dan bernapas. Ulangi selama 30 menit. Voila.

Pada meditasi, pemandu biasanya memberikan arahan untuk fokus pada napas. Selama meditasi, pikiran akan mengembara ke masa lalu, masa depan, dan negeri khayalan. Setiap kali pikiran melayang, kembali fokus pada napas. Tarik napas, hembuskan, tarik napas, hembuskan. Bila muncul perasaan-perasaan seperti marah, sedih, kecewa, takut, dan lainnya, terima perasaan tersebut dan amati. Teri jarak dan bedakan antara kita dengan pikiran tersebut. Lalu, kembali lagi ke napas.

Pertama kali aku meditasi, aku mengantuk padahal baru sebentar meditasi. Kala meditasi berikutnya, aku mengantuk namun setelah jangka waktu yang lebih lama. Setelah beberapa kali akhirnya aku tidak mengantuk lagi. Awal-awal juga pikiran mengembara ke masa lalu atau masa depan, bolak-balik. Akhir-akhir lebih baik dalam menyadari pikiran, meski tetap saja monkey mind berlompatan.

Ikut meditasi sangat membantu mengurangi kegelisahaanku, terutama saat awal-awal di kosan terus. Biasanya bisa lari-lari gak jelas ke penjuru kota, ini mau keluar kosan aja ragu-ragu. Kecemasan yang kumiliki mungkin berbeda dengan orang lain, namun diri ini juga perlu ketenangan pikiran. Karena pikiran juga perlu liburan.

If you can’t go outside, go inside

Ditulis berdasarkan memori jadi mungkin ada kesalahan dalam timeline. Baru sebulan ikut-ikutan meditasi, jadi mungkin ada salah kata atau info, untuk lebih jelasnya bisa mampir ke IG atau Twitter Mas Adjie.

Selamat bermeditasi!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *