WFH 21 – Donor Darah Apheresis

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Donor darah apheresis
Harga : Gratis
Bingkisan : malkist A, malkist B, air mineral, susu,
Waktu : ~90 menit

WFH 1 sampai WFH 20 merupakan tulisan semua kegiatan dalam ruangan, course online, nonton film, jalan-jalan online, dan memasak. Hari ini, setelah berjanjian dengan petugas rumah sakit, aku kembali melakukan donor darah apheresis di sebuah rumah sakit kanker. Masih ada petugas yang membantu proses donor darah meskipun ini sebenarnya weekend.

Donor darah apheresis sedikit berbeda dengan donor darah biasa. Donor darah biasa, semua komponen darah diambil dan hasil donor warnanya merah. Pada donor darah apheresis, darah pendonor dilewatkan pada sebuah mesin untuk diambil komponen yang dibutuhkan saja, lalu komponen lainnya dikembalikan lagi ke tubuh pendonor. Hal ini membuat waktu donor lebih lama karena prosesnya darah keluar lalu darah masuk lagi secara berkala. Tadi aku hitung ada 5 kali proses darah keluar dan masuk. Komponen darah yang diambil adalah trombosit, sehingga warna hasil donornya kuning. Donor darah biasa dilakukan ~75 hari sekali, donor darah apheresis bisa dilakukan 2 minggu sekali.

Mesin donor darah apheresis

Aku sempat upload tentang mesin donor darah ini di medsos. Beberapa teman langsung menanyakan apakah aku donor darah plasma untuk Covid-19. Bukan, aku memang langganan donor darah apheresis di rumah sakit ini.

PMI sempat membagikan tentang kebutuhan darah dan tata cara donor darah yang aman. Sila mencari tahu di PMI kota anda tentang tata cara untuk donor darah. Pandemi ini tidak menghalangi kita untuk donor asal kita jujur dan mengikuti tata cara yang telah diberitahukan oleh PMI.

Selamat donor darah!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *