WFH 12 – Bahasa Turki (Duolingo)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Belajar bahasa
Platform : Duolingo
Tautan : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.duolingo
Harga : Gratis
Waktu : ++10 jam

Merhaba!

Tentu saja tidak lengkap rasanya kalau masa-masa di kosan tidak belajar bahasa. Salah satu platform untuk belajar bahasa paling terkenal adalah Duolingo. Aku memilih belajar bahasa Turki karena pas jaman SMA sudah pernah belajar, jadi udah tahu beberapa kosa kata.

Setiap hari aku ~bermain~ belajar sekitar 10 menit. Karena cukup malas, aku belajar pelajaran basic dan aku ulang-ulang terus. Jadi jumlah kosa kata tidak terlalu bertambah, grammar juga tidak lancar, dan skill segitu-segitu saja. Namun streak tetap tinggi.

Setelah 1 bulan selalu belajar di Duolingo
Setelah 50 hari belajar di Duolingo
Setelah lupa belajar selama 2 hari berturut-turut

Setelah mendapatkan pencapaian 30 hari berturut-turut, lalu dilanjutkan 50 hari berturut-turut, lalu sampai beberapa hari kemudian lupa bermain sehingga harus mengulang dari 0 lagi.

Berdasarkan pengalaman beberapa teman yang sering menggunakan Duolingo, kemampuan bahasa mereka tidak terlalu bertambah signifikan dan tetap tidak bisa bercakap dengan native speaker. Namun untuk mengisi waktu luang, cukup menyenangkan menghafalkan kosa kata baru dari bahasa lain. Apalagi kalau ada teman untuk belajar bersama.

Selamat belajar bahasa!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *