WFH 11 – Aquavias (Game)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Bermain game
Platform : Aplikasi android
Tautan : https://play.google.com/store/apps/details?id=ua.krou.aqueducts
Harga : Gratis
Waktu : ~4 jam

Mumpung di kosan saja, saatnya main game. Pengennya sih main dota lagi, tapi laptop tidak mendukung dan gak ada teman main. Jadilah aku memilih sebuah game HP sederhana yang bisa tamat. Kalau milih game gak bisa tamat itu nanti bisa kelamaan main terus.

Game Aquavias ini sebenarnya mirip game Pipe yang dulu ada di Windows jadul. Bedanya kalau di Pipe kita milih sendiri mau meletakkan pipa di mana, kalau di Aquavias ini “pipa”-nya sudah ada dan kita tinggal merotasikan saja. Jadi pilihan gerakannya lebih terbatas.

Berikut contoh ketika awal mulai game.

Level 1 saat game dimulai

Ada sumber air dan ada tujuan air. Tujuan kita adalah menghubungkan keduanya. Kita harus mengatur pipa-pipa itu sehingga membentuk rangkaian tertutup dan tidak ada air yang bocor. Pipa yang ada hanya bisa diputar searah jarum jam sehingga ya kalau kelebihan muternya harus muter 3x lagi atau replay menggunakan tombol di pojok kanan atas. Tombol tersebut digunakan untuk mundur 1 gerakan. Tombol itu bisa digunakan untuk mundur sampai awal game.

Level 1 setelah 5 gerakan

Ada 2 tipe batasan permainan ini, dengan jumlah gerakan dan dengan jumlah waktu.

Untuk mode gerakan, pada awalnya kita diberi sejumlah gerakan (misal 50) dan setiap kita memutar 1 pipa maka angka tersebut akan berkurang. Untuk menyelesaikan game tersebut, kita harus menyambungkan sumber air ke tujuan dan tetap menyisakan sejumlah gerakan.

Mode waktu tidak membatasi jumlah gerakan yang kita lakukan, tapi kita harus menyelesaikan game sebelum jam airnya habis.

Bila ingin mendapatkan bintang 3, maka biasanya harus menyisakan 7 gerakan (untuk mode gerakan) atau setengah dari jam air.

Tipe 1, masih ada 37 gerakan yang sebenarnya bisa digunakan
Tipe kedua, dibatasi waktu

Total ada 12 level dengan tiap levelnya antara 3 sampai 12 stage, jadi total ada 99 skenario yang bisa dimainkan. Sayangnya tipe game seperti ini sudah jelas cara menyelesaikannya, jadi kalau gagal bisa diulang sampai berhasil. Bisa di-brute force untuk mencari penyelesainnya. Lumayan juga menghabiskan waktu ~4 jam untuk bermain game ini.

Kalau mencari game dengan audio yang menenangkan dan gambar yang bagus serta gameplay lumayan asik, saya sarankan untuk bermain game ini.

Selamat bermain.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *