di Bawah Bendera Revolusi yang Hilang

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Pada awal tahun ini, aku meminta rekomendasi buku untuk dibaca. Salah seorang temanku menyarankan untuk membaca sebuah buku lama, di Bawah Bendera Revolusi karangan Soekarno. Sembari menunggu waktu yang tepat untuk membaca, buku tersebut kumasukkan ke wishlist di Play Store.

Rekomendasi buku lama untuk dibaca

Hari ini aku mendapatkan berita yang cukup mengejutkan. Buku di Bawah Bendera Revolusi tiba-tiba menghilang dari Play Store. Aku langsung melakukan pencarian. Yup, bukunya tidak bisa dicari dan bahkan hilang dari wishlist-ku.

Kupikir bukunya memang ditarik dari Play Store, ternyata aku salah. Buku ini masih bisa ditemukan dan dibaca oleh pengguna yang membelinya. Bila mengakses melalui link langsung, tertera informasih bahwa buku tidak available di negara tempat saya berdiam saat ini. Sebagai informasi, saat ini saya berdomisili di Indonesia. Aku jadi penasaran, di negara mana saja buku ini bisa dibaca.

Link langsung untuk mencari buku ini : https://play.google.com/store/books/details?id=nuB3CwAAQBAJ

Buku yang hilang

Aku masih gak tahu alasan buku ini ditarik dari peredaran. Masalah lisensi? Masalah politik? Atau masalah ekonomi? Atau ada masalah lain?

Sebenarnya untuk membaca buku ini juga ada cara mudahnya. Dengan kata kunci yang sedikit rumit, aku bisa menemukan laman yang tepat untuk mengunduh buku ini. Kalau ada yang pengen baca, hilangnya buku ini dari Play Store bukanlah masalah. Di era digital seperti sekarang, ada banyak sumber untuk mencari buku. Kehilangan satu sumber bukanlah masalah besar.

Aku masih berharap dalam waktu dekat buku akan bisa dibaca kembali di Indonesia. Opsi mencari buku fisik juga ada sih. Tahun ini masih panjang, masih ada waktu untuk menentukan pilihan.

Hasil pencarian di Google
Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *