WFH 17 – Money Heist (Season 1)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Menonton
Platform : Netflix
Series : Money Heist
Topik : Trailer, film pendek, Walktrough
Harga : Gratis (kalau nebeng akun netflix temen)
Waktu : ~ 11 jam

Sering banget mendengar temen-temen di kantor membahas serial ini. Pada bilang sih bagus, tapi kemarin-kemarin masih belum menyempatkan waktu. Akhirnya aku menghabiskan 1 weekend untuk langsung menyelesaikan season 1 serial ini.

Money Heist adalah serial dari Spanyol dengan judul asli La casa de papel (house of paper), menceritakan usaha sekumpulan perampok untuk menduduki percetakan uang negara Spanyol dan mencetak uang sebanyak-banyaknya. Target mereka adalah menguasai percetakan uang itu selama belasan hari dan kabur dengan semua uang yang mereka cetak selama pendudukan.

Total ada 9 perampok dengan pembagian kerja 8 orang merampok dan 1 orang support dari luar. Perampok-perampok itu menggunakan sandi nama kota yaitu Tokyo, Berlin, Helsinki, Moscow, Nairobi, Rio, Oslo, dan Denver. Support yang ada di luar menggunakan nama sandi “Professor” karena dia adalah otak dari perampokan ini dan dia juga yang merekrut perampok lainnya.

Film ini cukup seru dengan premis yang menarik. Perampokan tanpa kekerasan dan dengan penuh perhitungan. Sutradara film ini memang menonjolkan sisi Spanyolnya dengan memasukkan unsur drama, sedikit lebih tidak lebay dari telenovela Amerika Latin. Kebanyakan masalah yang muncul karena drama, karena interaksi antar satu orang dengan orang lainnya. Cukup bisa dimaklumi bila drama muncul di hari ke-5 karena sudah cukup lama dan orang-orang mulai lelah lockdown, tapi baru awal aja sudah langsung ada drama.

Ketika melihat episode pertama langsung teringat sebuah film, Inside Man. Salah satu film paling berkesan yang pernah saya tonton. Secara konsep cukup mirip meskipun eksekusinya lebih tidak drama, tentu saja karena ini film 2 jam. Beda kalau mau dibuat serial yang harus ada plot cerita untuk 10 jam.

Sampai season 1 selesai, para perampok masih ada di dalam dan belum ada tanda-tanda keluar. Professor juga ternyata banyak kerjaan di luar karena timnya kurang kompak. Beberapa tahanan juga lepas padahal masih jauh dari target waktu lockdown. Entah ini bagaimana season 2.

Pertanyaan yang menghantuiku adalah bagaimana mereka akan membawa kabur uang yang mereka cetak dan menggunakannya. Salah satu hal paling susah adalah menggunakan uang ilegal secara legal (money laundering). Kalau misal pake rupiah biar kebayang, menghabiskan 100 juta cash, gampang. Semiliar cash, agak susah tapi masih bisa. Satu triliun cash tanpa ketahuan, ini yang perlu skill. Salah satu alasan mengapa para bandar narkoba di Meksiko punya banyak uang cash adalah karena susah menjadikan uang itu legal tanpa bisa dibuktikan bahwa itu adalah hasil kegiatan ilegal. Kalau ketahuan, nanti dibekukan oleh pihak berwenang. Ingat bahwa Al Capone ditangkap itu bukan karena kejahatannya, tapi karena tidak membayar pajak.

Selamat menonton!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *