Pendakian Gunung Ungaran via Basecamp Mawar

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Mode : Trekking
Total waktu : 5 jam 23 menit
Waktu naik : 2 jam 34 menit
Waktu istirahat di puncak : 41 menit
Waktu turun : 2 jam 8 menit
Penambahan elevasi : 815 meter
Total jarak : 10.7 kilometer
Tempat berteduh : post 1, post 2, post 4
Anggota : 2 orang

Saya dan adik sepupu saya, berencana untuk tektok Gunung Ungaran. Kami mencoba ke jalur Gedong Songo, namun informasi dari petugas bawah untuk jalur tersebut harus menggunakan guide karena jalurnya bercabang. Kami mengurungkan niat dan mencari tanggal lain untuk naik dari Basecamp Mawar. Untuk masuk ke Basecamp Mawar, ada 3 kali pembayaran yang perlu dilakukan dengan perkiraan total pengeluaran per orang 15 ribu dan untuk tiap motor 10 ribu dan mobil 20 ribu.

Kami sampai di basecamp jam 8. Setelah mendaftar, kami langsung naik. Kami langsung nyasar ke arah bumi perkemahan, setelah bertanya-tanya kami kembali ke jalan yang benar menuju Puncak Gunung Ungaran. Kami mendaki dengan cukup cepat. Adik sepupu saya merupakan anak pramuka, jadi jalannya cukup cepat meski membawa tas berisi perbekalan. Saya juga pengen bawa, tapi yang lebih tua mengalah saja.

Kami naik melalui jalur Mawar. Di puncak kami mendapat informasi bahwa ada jalur turun yang berbeda namun tetap menuju Basecamp Mawar. Jalur ini sebenarnya jalur Promasan, tetapi ada jalan menuju Basecamp Mawar. Percabangan ini ada di Pos 4 dan kembali ke jalur Mawar lagi di Pos 2. Jalur ini cukup saya sarankan untuk jalur turun karena lebih landai dan pemandangan kebun teh sangat indah. Ada orang jualan juga, atau kalau capek bisa naik ojek.

Cuaca cerah dari naik sampai turun di pos 2. Memang sudah memasuki musim penghujan, jadi kami juga sudah memprediksi dan mempersiapkan diri. Banyak pendaki yang berteduh di pos 1 dan pos 2, kebetulan ada bangunan beratap yang bisa menahan air.

Pendakian sendiri cukup ramai dan kami harus antri untuk naik dan turun. Hal ini membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama. Di beberapa tempat kami harus berhenti karena jalan tidak bisa dilewati 2 orang sekaligus. Menunggu sekalian beristirahat mengambil nafas.

Peralatan yang kami bawa untuk tektok Gunung Ungaran:

  • Trekking pole : satu pasang untuk berdua
  • Jaket : antisipasi dingin dan hujan
  • Emergency kit : wajib dibawa
  • Air minum dan snack : cukup berlebih
  • Uang : persiapan saja
  • Topi/buff/base layer : melindungi dari panas
Perkiraan waktu tempuh dari menuju Puncak Gunung Ungaran

Gunung Ungaran meski tidak terlalu tinggi namun tetap menantang. Jalur gunung ini akan lebih berat ketika musim hujan karena jalur cukup terjal dan licin. Untuk tempat berkemah juga cukup luas, bisa di Basecamp Mawar atau kalau ingin dekat puncak bisa di antara pos 4 dan puncak. Pemandangan cukup bagus hanya dengan 5 jam berjalan kaki.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *