WFH 36 – Donor Darah ke-20

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kegiatan : Donor darah
Tempat : PMI Pusat Jakarta
Harga : Gratis (bahkan dikasih snack)
Waktu : ~20 menit

Tidak pernah menyangka juga akan berhasil mencapai 20 kali donor darah. Butuh waktu 697 hari dari donor darah pertama sampai donor darah ke-10. Butuh waktu 712 hari dari donor darah ke sebelas sampai donor darah ke-20, rata-rata setiap 79 hari sekali.

Donor darah kali ini pas puasa dan dalam masa pandemi, sepi. Kebutuhan darah masih banyak, buktinya ketika datang tadi darah sudah ada keluarga pasien yang mengantri darah.

Donor darah kali ini agak beda, di lantai lima. Biasanya kalau donor darah di PMI Kramat di lantai dasar, kecuali pas waktu renovasi tempo dulu. Karpet tulisan hari di lift juga diganti dengan tata cara berdiri di lift. Tidak ada antrian, baik saat pendaftaran, saat pengambilan HB, saat periksa dokter, maupun saat pengambilan darah.

Perbedaan lainnya adalah penggunaan mesin. Aku baru kali ini donor darah menggunakan mesin ini (kayaknya sih, kalau udah pernah berarti ya lupa). Ada penanda waktu dan berapa mililiter darah yang sudah ada di kantong darah. Waktu yang tertera saat aku selesai 350ml sekitar 5 menit, pendonor di sebelahku selesai setelah 7 menitan. Mesin ini ditujukan untuk monitoring petugas kesehatan, jadi kalau dari sisi pendonor tidak bisa melihat langsung ke layar. Kalau mau lihat ya harus foto dulu.

Baru kali ini pake mesin, ada volume per menit juga lho
Donor darah ke-20

Bingkisan donor darah kali ini ada bonusnya, sebuah masker kain dari PMI.

Bingkisan donor darah, ada maskernya

Mari meluangkan waktu sebentar untuk donor darah. Protokol pengambilan darah di PMI sudah dibuat seaman mungkin untuk pendonor, petugas kesehatan, dan penerima darah.

Mari memberi, mari berbagi.

Selamat donor darah!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *