Pendakian Gunung Prau Via Dieng PP

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Mode : Camp
Waktu naik : 3 jam 15 menit
Waktu tempat berkemah – tempat melihat matahari terbit : 25 menit
Waktu turun : 2 jam 15 menit turun
Penambahan elevasi : 505 meter
Tempat berkemah : Telaga Wurung
Anggota : 5 orang
Tenda : 2
TLDR : Cocok untuk pemula, rute tidak terlalu terjal, tempat berkemah luas, waktu tempuh singkat, dan pemandangan indah.

Pendakian Gunung Prau melalui jalur Dieng cukup mudah ditemukan, cukup ke kawasan Dieng Plateau dan cari saja Restoran Bu Djono. Di sana kita bisa makan, beli makanan untuk bekal, dan menitipkan mobil. Untuk sepeda motor, bisa langsung diparkirkan di dekat basecamp.

Restoran Bu Djono

Jalur pendakian Gunung Prau dari Dieng ini cukup landai dan banyak pepohonan, sehingga cukup sejuk. Penanda menuju puncak cukup jelas, meskipun ketika turun harus hati-hati agar tidak tersesat ke jalur Dwarawati atau Kaliembu. Ada tower di dekat puncak sehingga sinyal masih bisa didapatkan di jalur pendakian (bila beruntung). Dari puncak menuju Telaga Wurung masih ada sinyal Telkomsel.

Gunung Prau secara keseluruhan sangatlah luas, jadi tidak perlu takut kehabisan tempat berkemah. Namun bila ingin tempat berkemah yang cukup datar, sepi, dan angin tidak terlalu kencang, pilihlah Telaga Wurung. Kalau malas bangun pagi dan ingin langsung ke tempat melihat matahari terbit juga bisa, tapi di sana sangat ramai. Ada ratusan pendaki yang berkemah di sana, suasana bisa digambarkan mirip dengan pasar.

“Pasar” di Gunung Prau dengan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro sebagai latar

Pemandangan Gunung Prau sangatlah memesona. Kita bisa melihat 5 gunung dalam satu frame pandangan : Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Andong.

Detail perjalanan Gunung Prau via Dieng

 

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

One Reply to “Pendakian Gunung Prau Via Dieng PP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *