Donasi Nusantarun Chapter 6

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Never underestimate the power of good people in large groups

Tiga setengah juta rupiah, target donasi untuk setiap pelari Nusantarun Chapter 6. Angka yang cukup besar untuk dicapai. Kalau donasi tidak tercapai, tidak boleh start NR. Tantangan yang aku terima, aku yakin kalau tujuannya baik pasti ada aja jalannya. Semoga.

Aku mulai menyusun rencana untuk mencari donasi.

Langkah pertama adalah membuat poster yang menarik. Aku berkonsultasi dengan seorang teman yang mempunyai hobi membuat poster. Hasilnya, aku dapat poster untuk dibagikan di media sosial.

Poster buatan kk Marsha

Langkah kedua adalah menyebarkan kepada orang-orang bahwa ada lho acara ini. Menyebarkan ini tidak mudah. Aku tidak terlalu pede untuk langsung “nodong” orang. Jadi aku lebih banyak mengabarkan kepada orang-orang yang aku temui langsung. Atau aku share di group whatsapp, jarang yang japri. Hasilnya beberapa teman saya berdonasi. Kalian memang teman-teman yang baik.

Cara berikutnya adalah dengan menjual barang. Aku awalnya ingin menjual kaos, tapi bingung caranya. Akhirnya aku menjual oleh-oleh khas Sukoharjo. Benda yang harusnya jadi oleh-oleh, aku berikan ke teman dan untuk pembayaran bisa langsung ke kampanyeku. Cara yang efektif karena teman-temanku melebihkan bayarannya sehingga donasiku menjadi lebih banyak. Kalian memang kawan yang kece.

Aku membuat sebuah challenge internal di komunitas lariku. Challenge berlari 169 kilometer dalam waktu 80 hari. Dengan biaya pendaftaran cukup tinggi, peserta akan mendapatkan kaos komunitas edisi NR Chapter 6. Margin pembuatan kaos dan biaya pendaftaran seluruhnya digunakan untuk donasi 7 pelari dari komunitasku, Telkomsel Runners, yang berlari di Nusantarun Chapter 6. Awalnya aku tidak cukup yakin. Pesimis di angka 30 dan optimis di angka 60 dengan angka realistis di 50. Ternyata aku salah, ada 93 orang yang mendaftar. Total dana yang terkumpul untuk tiap pelari adalah 2jt rupiah. Komunitas Telkomsel Runners memang keren.

Aku harus berterima kasih kepada teman-teman yang telah membantu share. Ada yang share di IG, ada yang share di FB, ada yang share di grup WA lain, dan ada yang share ketika bertemu langsung. Hasil share teman-teman saya ini berhasil menghasilkan minimal 2 juta rupiah. Bahkan ada donasi dari orang yang tidak kukenal. Orang baik memang banyak dan berkat teman-teman yang membagikan kampanyeku, banyak orang baik yang berdonasi. Kalian memang luar biasa.

Dengan semua cara di atas, target 3.5 juta berhasil dilampaui. Aku cukup terkejut ketika total donasiku mencapai 10 juta rupiah. Angka yang tidak terbayangkan olehku. Masih banyak orang baik yang mau berteman denganku.

Kelilingilah dirimu dengan orang-orang baik

10 juta untuk pendidikan Indonesia

Ada beberapa hal yang perlu saya tingkatkan dalam mencari donasi. Yang paling utama adalah japri langsung. Aku masih sungkan dan malu-malu untuk berkampanye. Interaksi sosial memang bukan titik kuatku, tapi seharusnya bukan menjadi alasan.

Salah satu hal membuat orang yang sudah berniat berdonasi tapi gagal adalah ribet. Saya memberikan alternatif untuk bisa langsung mengirimkan tcash ke nomor saya dan nanti akan saya teruskan ke kitabisa. Donasi melalui cara ini cukup efektif. Memang berbuat baik harus dipermudah.

Saya sudah mulai memikirkan acara yang akan saya buat untuk NR Chapter 7. Saya juga sudah mulai mencari barang-barang apa yang bisa saya jual. Tentu saja, saya juga mulai mencari lebih banyak teman. Seperti kata pepatah, 1000 teman itu masih kurang. Untung fitur pertemanan di media sosial bisa mencapai lebih dari segitu.

Donasi yang saya kumpulkan, meskipun cukup banyak, hanya sebagian kecil dari donasi keseluruhan NR Chapter 6. Bukti bahwa masih banyak orang-orang baik yang percaya dengan kampanye kami. Kampanye untuk membantu pendidikan di indonesia. Aku tersanjung bisa menjadi bagian dari kampanye ini.

Total donasi NR Chapter 6

Kata orang, kemiskinan itu dekat dengan kemalasan.
Orang juga bilang kegagalan itu berawal karena ketidak beranian berharap dan mengambil kesempatan.Kenyataannya kesempatan tak selalu ada atau bahkan tertutup rapat.
.
Pada perjalanan di tahun keenamnya, NusantaRun menjadi bukti jika masih sangat banyak orang-orang baik yang tak hanya berjuang untuk dirinya sendiri.
Orang-orang baik yang dengan tulus menyisihkan waktu, tenaga, dan juga rejeki untuk membuka kesempatan bagi anak-anak penyandang disabilitas, untuk masa depan yang lebih baik.
.
Tak harus menunggu berkelimpahan lalu memberi. Bukan karena tak ada masalah, lalu berkontribusi. Namun karena orang-orang baik ini punya hati dan cinta untuk sesama.
.
Terima kasih tak terhingga untuk teman-teman semua.
.
NusantaRun
PowerOfContribution
PendidikanUntukSemua
BikinKerenIndonesia

#NR6 Announcement Board

Terima kasih kepada semua rekan yang telah membantu donasi, ikut dalam challenge yang aku adakan, support moral, support tenaga, dan yang telah membagikan kampanyeku. Kalian adalah orang baik yang menjadi sumber inspirasiku. Tetaplah menjadi orang baik dan teruslah menginspirasi!

Sampai jumpa di kampanye Nusantarun Chapter 7.N

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

4 Replies to “Donasi Nusantarun Chapter 6”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *